SILABUS DAN KISI-KISI FISIKA

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

 

Nama Sekolah                           : MTs Negeri Tangerang 1

Mata Pelajaran                          : Sains (Fisika)

Kelas/Semester                         : VIII/1

Waktu Pembelajaran                : 54 x 45 Menit

Standar Kompetensi     `           : 12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian Materi

Indikator

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran

Penilaian

Jenis Tagihan

Bentuk Instrumen

 Instrumen

 

13.1    Mendeskripsikan pe-ngertian suhu dan pe-ngukurannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13.2    Menjelaskan prinsip pemuaian dan pene-rapannya dalam kehi-dupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13.3    Mendaskripsikan pe-ran kalor dalam meng-ubah wujud dan suhu suatu benda serta pe-nerapannya dalam ke-hidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13.4    Mendeskripsikan berbagai cara perpindahan kalor

 

Suhu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemuaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perpindahan Kalor

 

·     Mengemukakan mengapa indra peraba tidak dapat digunakan alat pngukur suhu

·     Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat

·     Membuat termometer sederha-na bersekala berdasarkan sifat perubahan volume suatu zat cair ketika menerima kalor

·     Membandingkan skala termo-meter Celsius dengan skala ter-mometer yang lain*)

 

·     Menyelidiki proses pemuaian pada azat padat, cair dan gas

·     Merancang percobaan seder-hana untuk menunjukan bahwa pemuaian zat cair lebih besar dari pada zat padat

·     Melakukan penyelidikan terha-dap perbedaan muai volum berbagai jenis zat cair*)

·     Menunjukan prinsip pemuaian dalam teknologi misalnya: bimetal untuk termostat, penge-lingan, pemasangan bingkai besi pada roda, pemasangan kaca

 

 

 

·     Menyelidiki pengaruh kalor terhadap :

   perubahan suhu benda

   perubahan wujud zat

·     Menyelidiki :

   faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan

       banyaknya kalor yang diperlukan

   kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur

·     Menerapkan hubungan :

Q = m . c. ∆t, Q = m . U dan

Q = m . L untuk memecahkan masalah sederhana

·     Merancang dan membuat peralatan sederhana yang memanfaatkan prinsip kalor*)

·     Menerapkan azas Black untuk menyelesaikan masalah sehubungan dengan kalor*)

 

 

·     Menyelidiki perpindahan kalor secara konduksi (untuk zat padat), konveksi (untuk zat cair dan gas), dan radiasi

·     Mengidentifikasi zat yang termasuk konduktor dan isolator panas

·     Mengaplikasikan konsep per-pindahan kalor untuk menyelesai-kan masalah fisika sehari-hari misal-nya pada termos dan setrika*)

 

 

 

1.   Mengukur suhu menggunakan termometer

2.   Mengkalibrasi termometer sederhana

3.   Membuat titik tetap atas dan titik tetap bawah termometer Celsius

4.   Menganalis raksa dan alkohol sebagai penunjuk skala termometer

5.   Mengklaribasi skala termometer Celsius, Reamur dan Fahreinhet

6.   Merubah suhu Celsius ke suhu Reamur, Fahreinhet, Kelvin dan sebaliknya

7.   Menunjukan jenis-jenis termometer

 

 

1.   Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas

2.   Mengetahui alat untuk  mengetahui pemuaian zat padat dan zat cair

3.   Menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemuaian zat padat, zat cair dan gas

4.        Menuliskan rumus muai zat padat, zat cair dan gas

5.   Menghitung panjang, volume zat padat, zat cair dan zat gas secara sederhana

6.   Mengaplikasikan akibat pemuaian dalam sehari-hari (pemasangan kaca jendela, pema-sangan roda pedati, saklar pada setrika listrik

7.   Menlaporkan hasil pengamatan di rumah tentang pemanfaatan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

8.        Mempresentasikan hasil percobaan di depan kelas

 

1.   Menyelidiki pengaruh kalor terhadap :

   perubahan suhu

   perubahan wujud zat

2.   Melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi banyaknya kalor untuk perubahan suhu

3.   Melakukan percobaan perubahan wujud padat ke cair, cair ke padat, cair ke gas dan sebaliknya

4.   Membuat grafik perubahan wujud

5.   Melakukan percobaan mempercepat penguapan dalam kehidupan sehari-hari

6.   Menuliskan rumus kalor mengubah suhu, dan kalor mengubah wujud

7.   Menggunakan kedua rumus dengan bilangan sederhana

8.   Menghitung suhu campuran dari dua zat yang berbeda suhunya

9.   Merancang/membuat alat destilasi sederhana

10.  Menghitung dengan menggunakan rumus :

Q = m . c. ∆t, Q = m . U dan

Q = m . L  dengan bilangan sederhana

 

1.   Menjelaskan jenis-jenis perpindahan kalor

2.   Mmelakukan percobaan perpindahan kalor

3.   Mempresentasikan hasil percobaan di depan kelas

4.   Membedakan konduktif dan isolator kalor

5.   Menerapkan pengaruh perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari (termos, angin, warna dinding atau atap rumah)

 

8 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 jp

 

Buku Paket 2 SMP, LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Paket 2 SMP, LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Paket 2 SMP, LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Paket 2 SMP, LKS

 

Tugas Individu

 

 

 

Tugas Kelompok

 

 

 

 

 

 

Tugas

Kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tugas

Kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tugas

Kelompok

 

Uraian Obyektif

 

 

 

 Uraian objektif

 

 

 

 

 

 

Uraian Objektif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian Objektif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian Objektif

 

Terlampir

 

 

 

 

Penilaian

Terlampir

 

 

 

 

 

 

Terlampir

 

 

 

 

 

 

Penilaian

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terlampir

 

 

 

 

 

Penilaian

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi       `           : 13. Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannnya dalam produk teknologi sehari-hari

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian Materi

Indikator

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran

Penilaian

Jenis Tagihan

Bentuk Instrumen

 Instrumen

 

13.5 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameter-nya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13.6    Menerapkan konsep bunyi dalam kehidup-an sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

Getaran dan Gelombang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunyi

 

·   Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari

·   Mengukur periode dan frekuensi suatu getaran

·   Menyelidiki karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal

·   Mendiskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang

·   Mengkaitkan konsep gelombang dengan kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·   Membedakan infrasonik, ultra-sonik dan audiosonik

·   Memaparkan karakteristik gelombang bunyi

·   Menunjukan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari

·   Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi*)

·   Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

1.       Mengidentifikasi benda-benda yang melakukan getaran

2.       Melakukan pengukuran periode ayunan fisis

3.       Menuliskan rumus hubungan antara frekuensi dengan periode suatu ayunan fisis

4.       Menerapkan rumus f = 1 / T, dengan bilangan sederhana

5.       Melakukan pengamatan gelombang transversal dan gelombang longitudinal

6.       Mempresentasikan hasil kegiatan di depan kelas

7.       Menggambar bentuk gelombang transversal dan longitudinal beserta keterangannya melalui slinki

8.       Melalui kajian pustaka mendeskripsikan hubung-an antara kelajuan, frekuensi dan panjang gelombang

9.       Menerapkan rumus V = l . f,dengan bilangan sederhana

10.    Menganalisa pemantulan gelombang (pada tali dan pada air laut)

11.    Melaporkan hasil pengamatan gelombang  dalam kehidupan sehari-hari dari brosur / studi pustaka dalam bentuk makalah

 

1.   Melakukan pengamatan bunyi sebagai gelombang logitudinal dan faktor yang mempengaruhinya

2.   Mmemperesentasikan hasil kegiatan di depan kelas

3.   Menjelaskan infrasonik dan ultrasonik beserta penerapannya dalam industri maupun kedokteran

4.   Mendiskripsikan resonansi bunyi beserta pengaruhnya dari hasil eksperimen

5.   Mempresentasikan hasil kegiatan di depan kelas

6.   Menerapkan rumus V = l . f, dari peristiwa resonansi dengan bilangan sederhana

7.   Menganalisa penggunaan pemantulan bunyi dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

8.   Menerapkan rumus : S = v x t, pada pemantulan bunyi (gema) dengan bilangan sederhana.

 

 

 

4 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Paket 2 SMP, LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Paket 2 SMP, LKS

 

Test tulis

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Test tulis

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PG,

Uraian Obj

Rubrik

 

 

Lembar Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PG,

Uraian Obj

Rubrik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terlampir

 

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

 

Nama Sekolah                           : MTs Negeri Tangerang 1

Mata Pelajaran                          : Sains (Fisika)

Kelas/Semester                         : VIII / 2

Waktu Pembelajaran                  : 48 x 45 Menit

Standar Kompetensi       `           : 13. Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannnya dalam produk teknologi sehari-hari

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian Materi

Indikator

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran

Penilaian

Jenis Tagihan

Bentuk Instrumen

 Instrumen

 

13.7    Mendeskripsikan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungan-nya dengan cermin dan lensa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13.8    Mendiskripsikan alat-alat optik dan penerap-annya sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

Cahaya (Optik Geometrik)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat-alat optik

 

·   Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukan perambatan cahaya

·   Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan

·   Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan percobaan

·   Mendiskripsikan proses pemben-tukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung

·   Mendiskripsikan proses pemben-tukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung

 

·   Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik

·   Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina

·   Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata

·   Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik

·   Menjelaskan konsep Lup sebagai alat optik

Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti: mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan sebagai-nya*)

 

1.      Mengamati jalannya sinar yang masuk melalui celah ventilasi udara di ruang kelas

2.      Mengetahui macam-macam perambatan cahaya

3.      Merancang percobaan dan perambatan cahaya

4.      Melakukan percobaan pemantulan cahaya

5.      Melukiskan terbentuknya bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung

6.      Menyebutkan sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung

7.      Melakukan percobaan pembiasan cahaya

8.      Melukiskan terbentuknya bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung

9.      Menyebutkan sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung

10.  Memberikan contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan pemantulan, pembiasan.

 

1.   Menunjukan bagian mata melalui model mata

2.   Menggambarkan bayangan pada mata normal

3.   Menjelaskan bagian mata

4.   Membedakan cacat mata miopi dan hipermetropi

5.   Menggambarkan bayangan miopi dan hiper-metropi

6.   Menyebutkan bagian kamera sebagai alat optik

7.   Menggambarkan terbentuknya bayangan pada kamera

8.   Menggambarkan terbentuknya bayangan pada Lup

9.   Mendiskripsikan prinsip kerja alat optik, antara lain (mikroskop, teropong dan periskop)

 

 

 

20 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Paket 2 SMP, LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Paket 2 SMP, LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Paket 2 SMP, LKS

 

Test tulis

 

Penugasan

 

 

TUK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Test tulis

 

Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PG,

Uraian Obj

Rubrik

 

 

Lembar Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PG,

Uraian Obj

Lembar Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terlampir

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: