PENGELOLA KELAS AKSELERASI

SUSUNAN TIM PENGELOLA KELAS AKSELERASI TAHUN PELAJARAN 2006/2007 1. Penanggung Jawab : Kepala SMA Negeri 1 Purworejo Drs. Muhammad Hani, M. Hum NIP 130901923 2. Ketua Program Studi : Waka Ur. Kurikulum Drs. Gunawan Widyatmoko NIP 131667021 3. Sekretaris : Drs. Jumardi NIP 131914243 4. Wakil Ketua Program : a. Waka Ur. Sar/Pras. Restu Winarno, S.Pd. NIP 131103477 b. Waka Ur. Kesiswaan Drs. Sarjiyo NIP 132003075 c. Waka Ur. Humas Sri Nur, Rd. S.Pd. NIP 130937133 5. Bendahara : Dra. Th. M. Endrati NIP 131914244 6. Psikolog : Lembaga Psikologi “PRIMASINDO” Yogyakarta ~ Indrayanti, S.Psi, M.Si.Psi 7. Urusan-urusan : a. Bimbingan Konseling Drs. Supardi NIP 130803721 b. Wali kelas : Nur Aziz, S.Pd. NIP 131900042 c. Ka TU SMA 1 Purworejo Turut Sastro Taruno NIP 130676689 PERSYARATAN PENGAJUAN PROGRAM AKSELERASI A. IDENTIFIKASI I. Informasi Data Objektif a. AKADEMIS ~ Nilai UN dari sekolah sebelumnya rata-rata ≥ 8,0 ~ Rapor, nilai rata-rata seluruh mapel ≥ 8,0 b. PSIKOLOGIS ~ diupayakan pada kategori jenius ( IQ 140 ) ~ atau, kategori cerdas ( IQ 125 )yang didukung dgn. tes Creativity Quotion dan Task Commitment II. Informasi Data Subjektif a. dari diri calon siswa, teman sebaya, orang tua / wali, dan guru sebagai hasil pengamatan dari sejumlah ciri-ciri keberbakatan b. kesehatan fisik (ada S ket. Sehat dari dokter Pemerintah) c. kesediaan calon siswa dan persutujuan orang tua / wali ~ surat pernyataan (hak & kewajiban peserta program akselerasi) B. KURIKULUM 1. Kurikulum Nasional dan muatan lokal 2. Kurikulum Berdeferensiasi: a. dimensi umum ☛ kurikulum inti/dasar pengetahuan, pemahaman, nilai dan sikap b. dimensi diferensiasi ☛ disesuaikan dengan potensi kecerdasan & bakat istimewa c. dimensi non akademis ☛ memberi kesempatan belajar di luar kegiatan sekolah formal d. dimensi suasana belajar ☛ di lingkungan keluarga dan sekolah C. GURU 1. tingkat pendidikan sekurang-kurangnya S.1 2. mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya 3. berpengalaman mengajar, sekurang-kurangnya 3 tahun 4. memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik siswa berpotensi cerdas dan berbakat 5. memiliki karakteristik umum, antara lain: ~ adil dan tidak memihak ~ kooperatif dan demokratis ~ fleksibelitas ~ sense of humor ~ menerapkan penghargaan & pujian ~ minat yang luas ~ perhatian pada masalah anak ~ penampilan dan sikapnya menarik D. SARANA PRASARANA E. SISTEM EVALUASI F. BIMBINGAN DAN KONSELING G. PEMBIAYAAN H. KOMITE SEKOLAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: